Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka

Allah Subhanallahu wa Ta’a’a berfirman:

66_6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” {Q.S. At Tahrim (66):6}

Mengenai firman Allah (yang maknanya) “Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” Mujahid mengatakan: “Bertakwalah kepada Allah dan berpesanlah kepada keluarga kalian untuk bertakwa kepada Allah.”  Sedangkan Qatadah mengemukakan: “Yakni, hendaknya engkau menyuruh mereka berbuat taat kepada Allah dan mencegah mereka durhaka kepada-Nya. Dan hendaklah engkau menjalankan perintah Allah kepada mereka dan perintahkan mereka untuk menjalankannya, serta membantu mereka dalam menjalankannya. Jika engkau melihat mereka berbuat maksiat kepada Allah, peringatkan dan cegahlah mereka.”

Demikian itu pula yang dikemukakan oleh Adh-Dhahhak dan Muqatil bin Hayyan, mereka mengatakan: “Setiap muslim berkewajiban mengajari keluarganya, termasuk kerabat dan budaknya, berbagai hal berkenaan dengan hal-hal yang diwajibkan Allah Ta’ala kepada mereka dan apa yang dilarang-Nya.”

Firman-Nya lebih lanjut (yang maknanya) “Yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” Kata ‘bahan bakar‘ maksudnya bahan bakar yang tubuh ummat manusia dilemparkan ke dalamnya. Kata ‘dan batu‘, ada yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan kata itu adalah patung yang dijadikan sembahan. Hal itu didasarkan pada firman-Nya:

21_98

Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah umpan Jahannam, kamu pasti masuk ke dalamnya.” {Q.S. Al Anbiyaa’ (21):98}

Dan firman Allah Ta’ala selanjutnya (yang maknanya) “Penjaganya Malaikat-Malaikat yang kasar, yang keras.”  Maksudnya, karakter mereka sangat kasar, dari hatinya telah dihilangkan rasa kasihan terhadap orang-orang yang kafir kepada Allah Ta’ala. Kata ‘Yang keras‘ maksudnya susunan tubuh mereka sangat keras, tebal, dan penampilannya menakutkan.

Firman-Nya lebih lanjut (yang maknanya) “Yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” Maksudnya, apa pun yang diperintahkan Allah kepada mereka, mereka segera melaksanakannya, tidak menangguhkan meski sekejap mata, dan mereka mampu mengerjakannya, tidak ada kelemahan apa pun pada diri mereka untuk melaksanakan perintah tersebut.  Mereka itulah Malaikat Zabaniyah -semoga Allah melindungi kita semua dari mereka-.

————————

Sumber: Tafsir Ibnu Katsir

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s